oleh

Pemilu Putaran Kedua Turki di Luar Negeri Berakhir

Iklan Travel

Babak kedua pemilu presiden Turki di 156 perwakilan luar negeri di 73 negara yang digelar sejak pukul 08:00 pagi Sabtu pekan lalu, setelah lima hari akhirnya selesai pada Rabu (24/5/2023) sore.

IKLAN-TA-CALEG

Menurut laporan Televisi TRT Turki, Dewan Tinggi Pemilu Turki menyatakan, dalam putaran kedua pemilu presiden sebanyak lebih dari 3.416.000 warga negara ini di luar negeri yang memiliki hak suara sejak 20-24 Mei 2023 menyalurkan suara mereka.

Tingkat partisipasi di putaran kedua pemilu presiden Turki meningkat bila dibanding dengan putaran pertama sekitar 1.840.000 orang dan warga Turki di 73 negara dunia menyalurkan suara mereka di kotak-kotak suara untuk memilih presiden ke-13.

Setelah pengumuman hasil pemilu serentak parlemen dan presiden yang diadakan pada 14 Mei 2023, Komisi Pemilihan Umum negara ini mengumumkan bahwa karena kegagalan kuorum 50 persen plus satu suara oleh salah satu dari tiga kandidat yang ada, Recep Tayyip Erdoğan, kandidat dari Koalisi Rakyat, dan Kemal Kilicdaroğlu, kandidat dari Koalisi Bangsa, lolos ke putaran kedua pemilihan presiden Turki.

Putaran kedua pemilu presiden Turki di dalam negeri akan digelar Minggu (28/5/2023), tapi pemungutan suara putaran kedua di luar negeri, karena urgensi pengiriman seluruh suara yang masuk ke Turki, digelar beberapa hari lebih cepat.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed