oleh

Menlu Iran Menyerukan Pencabutan Blokade Koalisi Pimpinan Saudi di Yaman

Iklan Travel

Menteri luar negeri Iran, selama pertemuannya dengan kepala negosiator Pemerintah Keselamatan Nasional Yaman di ibu kota Oman pada hari Rabu (28/12), menyerukan pencabutan blokade koalisi pimpinan Saudi di negara tersebut.
Hossein Amir-Abdollahian, yang saat ini mengunjungi Oman, mengadakan pertemuan dengan Mohammed Abdul-Salam, yang juga juru bicara gerakan perlawanan Ansarullah, di kedutaan Iran di Muscat, menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh kementerian luar negeri.

Dalam pertemuan tersebut, diplomat top Iran “menghargai ketabahan rakyat Yaman dalam menegaskan hak-hak mereka” dan menegaskan kembali dukungan Republik Islam Iran kepada mereka.

IKLAN-TA-CALEG

Mengacu sebagai “masalah kemanusiaan”, Amir-Abdollahian mengatakan blokade Yaman harus dicabut dan rakyat negara itu harus dapat menjalani kehidupan normal.

Menteri luar negeri Iran lebih lanjut menekankan perlunya solusi damai untuk krisis yang melanda Yaman dan menggambarkan dialog politik antara kelompok-kelompok Yaman sebagai “masalah internal” negara tersebut.

Dia juga memberikan penghormatan kepada Hassan Irlu, mantan duta besar Republik Islam Iran di Yaman. Peringatan kematian pertamanya diamati minggu lalu.

Amir-Abdollahian memujinya sebagai “seorang martir Yaman” dan menegaskan kembali tekad Republik Islam Iran dalam mendukung rakyat Yaman.

Yaman telah terhuyung-huyung di bawah perang dahsyat koalisi pimpinan Saudi sejak Maret 2015, yang telah melahirkan bencana kemanusiaan terburuk di dunia di negara Teluk Persia itu.

Pada bulan Oktober, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengumumkan berakhirnya gencatan senjata di negara itu antara gerakan perlawanan Ansarullah dan koalisi pimpinan Saudi, membuka jalan bagi agresi tanpa batas dari koalisi pendudukan yang didukung oleh kekuatan Barat.

Tentara Yaman menyalahkan Riyadh dan sekutu Arab dan Baratnya karena melanggar ketentuan gencatan senjata yang ditengahi PBB.

Pejabat pemerintah Yaman bersikeras bahwa koalisi Saudi harus mengakhiri blokade dan mengizinkan dimulainya kembali pembayaran gaji kepada semua pegawai negeri untuk memulai negosiasi politik.

Abdul-Salam mengatakan kepada jaringan televisi al-Masirah Yaman pada hari Senin bahwa gencatan senjata akan dipulihkan setelah pengepungan brutal di negara itu dicabut dan pasukan pendudukan diusir.

Dia juga menginformasikan bahwa delegasi Oman mengadakan negosiasi konstruktif dengan kepala Ansarullah Abdul-Malik al-Houthi, kepala Dewan Politik Tertinggi Yaman Mahdi al-Mashat, dan Ketua Kepala Staf Gabungan Mohammad Abdulkarim al-Ghamari.

Delegasi mengunjungi Yaman untuk mengadakan pembicaraan dengan anggota tingkat tinggi gerakan perlawanan Ansarullah tentang perpanjangan gencatan senjata nasional yang ditengahi PBB dan menghentikan agresi Saudi.

Abdul-Salam memuji upaya Oman dalam membantu membawa perdamaian dan stabilitas kembali ke Yaman dan memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Yaman untuk meringankan penderitaan mereka.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed