oleh

Masjid Baitussalam The Green BSD Santuni 500 Anak Yatim dan 500 Dhuafa Serta Salurkan Zakat

TributeAsia.com, Kota Tangsel- DKM Baitussalam The Green BSD kembali melaksanakan kegiatan pembagian dan penyaluran zakat,infaq dan shodaqoh dalam bentuk pemberian santunan kepada 500 anak Yatim dan 500 paket sembako kepada kaum dhuafa. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu (06/04/2024) pagi, pukul 10.00 Wib, bertempat di masjid Baitussalam The Green BSD.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Ketua Pembina masjid Baitussalam H. Samiudin, 

Ketua Yayasan Baitussalam H. Suryo Alam, 

Ketua DKM Baitussalam Ustadz H. Djindar Rohani, Sekretaris DKM Baitussalam H. Embay dan H. Ardi Triantoro (Mas Ardi), Ketua bidang Santunan H. Dwi Nugroho, Ketua bidang Sembako H. Dodi Riyadi dan H. Irawan Aquaranto beserta pengurus DKM lainnya seperti, Hary Setyana, Yudhi Burhan, Oga Aulia, Bambang Ervan, Nasrullah. Sementara selaku pembawa acara dalam kegiatan ini adalah Ardi Gunawan.

Dalam sambutannya, Ketua DKM Baitussalam H. Djindar Rohani mengajak kepada seluruh jamaah masjid Baitussalam The Green BSD untuk dapat memaksimalkan keutamaan dan fadilahnya bulan suci Ramadhan. Dan selama bulan suci Ramadhan ini DKM Baitussalam telah menyediakan dan memfasilitasi berbagai kegiatan ibadah yang diperlukan oleh para jamaah. 

“Salah satu kegiatan yang telah kami lakukan adalah memfasilitasi pengumpulan dan menyalurkan zakat, Infaq dan shodaqoh dari para jamaah. Kami berharap apa yang telah di programkan oleh Muzzaki maupun mustahik terkait zakat ini akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT,” ucapnya. 

Untuk kegiatan tahun ini, menurutnya pihak panitia zakat fitrah berhasil mengumpulkan sebanyak 2,5 ton beras dan uang sebanyak Rp 80 juta rupiah yang akan dibagikan pada kesempatan penyaluran santunan kepada 500 yatim dan 500 kaum dhuafa. Ustadz Djindar juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan mensupport kegiatan pada hari ini hingga dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya. 

“Mohon maaf jika ada kekurangan dalam proses penyaluran bantuan santunan dan zakat pada kesempatan kali ini,” tuturnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat Kelurahan Cilenggang dan juga kelurahan Serpong yang dalam hal ini diwakili oleh Tubagus Ansori, saat menyampaikan kata sambutannya mengatakan bahwa pihak tokoh masyarakat Cilenggang dan Serpong menyampaikan puji syukur kepada Allah SWT karena berkat rahmat, taufik dan hidayah-Nya mereka masih diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam acara santunan anak yatim dan dhuafa yang dilakukan oleh DKM Baitussalam.

Exif_JPEG_420

“Ini merupakan kali yang ketiga saya dapat menghadiri yang ketiga kali menghadiri kegiatan ini dan menyaksikan pemberian Yang dilakukan oleh Baitussalam dan sebanyak  200 anak yatim dan dhuafa diberikan bantuan santunan. Mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan yang diberikan. Dengan membayar zakat akan membersihkan harta yang kita miliki.

Ketua Yayasan Baitussalam H. Suryo Alam, saat dikonfirmasi TributeAsia.com usai kegiatan seremonial penyaluran santunan dan zakat kepada 500 anak Yatim dan 500 dhuafa menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan misi dari sebuah fungsi masjid yang keberadaannya bukan sekedar hubungan keagamaan kepada Allah SWT, akan tetapi juga yang berhubungan dengan antar sesama manusia sebagai sebuah mahluk sosial yang saling tolong-menolong dalam hal kebaikan. 

“Untuk jumlah yang menerima bantuan santunan tidak berubah sama seperti tahun sebelumnya yaitu 500 santunan untuk anak-anak yatim dan 500 paket sembako untuk dhuafa. Yang berbeda adalah penyebaran penerima bantuan yang lebih luas dan nilai total anggarannya yang bertambah, yaitu tahun lalu total anggarannya sebesar Rp  350 juta rupiah sedangkan tahun ini berjumlah Rp 408 juta rupiah,” terang H. Suryo Alam.

Exif_JPEG_420

Ditambahkan H. Suryo Alam, dengan kegiatan pemberian bantuan santunan kepada anak-anak yatim dan juga dhuafa ini akan menjadi lengkap hikmah puasa ramadhan kita yaitu disamping kita menahan rasa lapar dan haus namun kita juga dapat ikut menyelami dan merasakan bagaimana saudara-saudara kita yang sudah tidak punya salah satu orang tuanya dan yang hidupnya serba kekurangan yaitu kaum dhuafa.. 

“Dalam kesempatan ini saya mewakili seluruh pengurus yayasan dan pengurus masjid Baitussalam menyampaikan rasa terima kasih

yang tak terhingga kepada seluruh jamaah, muzzaki dan dermawan masjid Baitussalam yang telah membantu dan berkontribusi secara aktif dengan berbagai macam kontribusinya sehingga kegiatan ini dapat diselenggarakan dengan sangat baik dan sukses,” pungkasnya.

Exif_JPEG_420

Berikut daftar nama-nama penerima santunan anak yatim dan dhuafa dari masjid Baitussalam The Green BSD :

1. Yatim Cilenggang (107)

2. Yatim Serpong (37)

3. Yatim Kp. Jaletreng (22)

4. Yatim Kp. Sawah Ciputat (33)

5. Baitul Hilmi (33)

6. Yayasan Rumah Yatim (33)

7. Yayasan Markaz Hadits (50)

8. Madinatun Najah (50)

9. Yayasan Pena al Karim (50)

10. Bait Qurany (50)

11. Istana Yatim (16)

12. Baitussalam (17)

Sementara untuk kaum dhuafa yang menerima bantuan sembako adalah, 200 paket di Kelurahan Cilenggang, 200 paket untuk Kelurahan Serpong dan

100 paket untuk internal masjid Baitussalam seperti security, kebersihan, dhuafa, dll.(BTL)