oleh

Ini Respon AS atas Kesepakatan Tehran dan Riyadh

Iklan Travel

Amerika Serika dalam respon pertamanya terkait kesepakatan Iran dan Arab Saudi menyatakan bahwa Washington mengetahui laporan pemulihan hubungan diplomatik antara Tehran dan Riyadh.

Setelah beberapa babak perundingan antara Sekretaris Dewan Tinggi Keamanan Nasional Iran, Ali Shamkhani dan timpalannya dari Arab Saudi, Musaad bin Mohammed al-Aiban di Beijing, Jumat (10/3/2023) diraih kesepakatan untuk memulai hubungan antara kedua negara.

IKLAN-TA-CALEG

Dan hal ini diumumkan secara resmi dalam sebuah acara dengan ditandatangani statemen bersama antara Iran, Arab Saudi dan Cina.

Menurut laporan IRNA, Gedung Putih Jumat (10/3/2023), meski AS berpartisipasi dalam aksi-aksi koalisi Saudi di Yaman, mengklaim menyambut segala bentuk upaya untuk membantu mengakhiri perang di Yaman, dan meredam tensi di Asia Barat.

Masih menurut klaim Gedung Putih, penurunan tensi dan diplomasi bersama pertahanan merupakan pilar utama kebijakan yang diisyaratkan oleh Presiden AS Joe Biden.

Kunci untuk menghidupkan kembali hubungan bilateral Tehran-Riyadh setelah jeda 7 tahun terjadi selama kunjungan penting Presiden Iran Sayid Ebrahim Raisi ke Cina, di samping kesepakatan antara kedua negara, dan isu melanjutkan hubungan antara Iran dan Arab Saudi adalah salah satu proposal dari pihak Cina yang diajukan kepada Iran.

Berdasarkan kesepakatan kedua negara, menlu Iran dan Arab Saudi selain menggelar pertemuan, juga maksimal dua bulan akan mempersiapkan implementasi pertukaran dubes dan pembukaan kedutaan besar serta seluruh persyaratan untuk memulai hubungan.Iran dan Arab Saudi seraya berterima kasih kepada Irak dan Oman karena menjadi tuan rumah perundingan antara kedua pihak dari tahun 2021 hingga 2022, juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Cina karena menjadi tuan rumah serta dukungan terhadap dialog yang ada di negara ini, serta upaya untuk mensukseskan perundingan tersebut.Arab

Saudi memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Iran mulai 3 Januari 2016 dengan alasan serangan sejumlah oknum ke kedutaan besar dan konsulatnya di Tehran dan Mashhad.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed