oleh

Analisa Demokrasiana Institute: Peta Koalisi Parpol Menuju 2024 Masih Sangat Tak Menentu

Iklan Travel

Koordinator Presidium Demokrasiana Institute sekaligus Pengamat Kebijakan Publik Zaenal Abidin Riam menyampaikan analisis terkait peta koalisi partai politik menghadapi pilpres 2024, Zaenal menilai peta koalisi parpol masih sangat cair dan belum menemukan format yang baku. Setiap parpol masih melakukan kalkulasi politik yang dinilai paling strategis dan menguntungkan untuk kepentingan partai.

“Secara praktis parpol masih meraba siapa partner koalisi terbaik yang bisa diajak bersama dalam pilpres 2024, hal ini logis mengingat masih ada cukup waktu untuk membangun koalisi yang solid bagi setiap parpol, mereka nampak tak mau buru-buru agar tidak salah langkah” ungkap Zaenal dalam pernyataan yang disampaikan di Jakarta, Selasa (21/6).

IKLAN-TA-CALEG

Jika mengacu pada kalkulasi suara, maka hanya partai besutan Megawati Soekarno Partai yang bisa mengusung capres tanpa perlu berkoalisi dengan partai lain, tetapi menurut Zaenal Abidin Riam hal itu bukan jaminan bahwa PDIP tidak akan berkoalisi dengan partai lain.

“Memang Megawati dalam Rakernas PDIP yang digelar hari ini memberi penegasan agar tidak ada kader partai yang berbicara koalisi, namun pernyataan tersebut bisa dibaca sebaliknya, saat ini PDIP sedang berupaya merapatkan barisan di bawah instruksi ketua umum, terlebih saat Ganjar Pranowo sebagai kader PDIP justru telah dinominasikan oleh Nasdem sebagai salah satu capres” ucap Zaenal.

Zaenal Abidin Riam juga menyinggung soal kemunculan Koalisi Indonesia Bersatu yang telah terlebih dahulu mendaklarasikan diri sebagai poros koalisi, menurut analisa Zaenal kehadiran KIB belum tentu bisa otomatis bertahan hingga momen pilpres.

“Di KIB sendiri belum ada kesepakatan tentang siapa capres yang akan diusung, semua partai yang tergabung di KIB sesungguhnya punya kandidat capres yang berbeda-beda, bila hal ini tidak terkomunikasikan dengan baik maka tidak mustahil bila koalisi ini akan layu sebelum waktunya, sebaliknya bila mampu dikomunikasikan maka akan semakin menyolidkan koalisi” terang Zaenal.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.