oleh

Mengenali Terjadinya Badai

Iklan Travel

Badai terbentuk di daerah dengan tekanan rendah yang intens dan sepanjang siklusnya dapat membangun tingkat energi yang setara dengan sepuluh ribu bom nuklir.

IKLAN-TA-CALEG

Biasanya terjadi di setiap bulan-bulan musim panas belahan bumi, angin topan juga dikenal sebagai siklon atau topan.

Mereka terbentuk di atas perairan laut yang hangat ketika suhu laut 26,6 derajat Celcius atau lebih tinggi pada kedalaman sekitar 50 meter, ketika ada kelembaban yang cukup dan ketika angin permukaan bertemu.

Ketika udara hangat bersentuhan dengan permukaan laut, ia memanas dan mulai naik, menciptakan area bertekanan rendah di bawahnya. Udara baru yang lebih dingin berputar untuk menggantikannya.

Saat udara lembab yang dipanaskan naik dan kemudian mendingin, uap air yang dihasilkan membentuk awan, yang diberi makan oleh panas lautan dan penguapan permukaan, pusaran udara mengumpulkan kecepatan, menghapus badai.

Bergerak dengan kecepatan sekitar 30 kilometer per jam, umumnya dari timur ke barat, diameter badai berkisar antara 300 meter hingga seribu kilometer. Hanya dalam seminggu, ia dapat menempuh jarak ribuan kilometer.

Skala Saffir-Simpson menilai badai dari 1 hingga 5 tergantung pada kecepatan angin. Badai kategori 1 dapat merobohkan pohon dan pemadaman listrik sementara, sedangkan kategori 5 akan menghancurkan rumah dan menyebabkan kerusakan besar.

Sementara itu di mata badai kondisi dapat cukup tenang untuk burung dapat terbang.

Begitu mereka bergerak di darat atau di atas perairan dingin, badai akhirnya padam.

Beberapa ilmuwan percaya bahwa peningkatan jumlah dan intensitas baru-baru ini dapat disebabkan oleh pemanasan global.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.