oleh

Keputusan Terbaru MBS Picu Indeks Bursa Efek Saudi Rontok

Iklan Travel

Keputusan Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman untuk mengalihkan empat persen saham Aramco ke dana investasi milik negara Saudi menyebabkan runtuhnya indeks saham Saudi.

IKLAN-TA-CALEG

Pemerintah Arab Saudi pada hari Minggu (3/2/2022) mengumumkan pengalihan empat persen saham di Aramco ke dana investasi milik negara.

Keputusan ini memicu reaksi negatif di pasar saham Arab Saudi yang mengalami penurunan terbesar dalam dua setengah bulan terakhir.

Situs Arabi 21 hari Senin melaporkan Indeks Bursa Efek Saudi mengakhiri sesi Minggu dengan penurunan 1,95 persen menjadi 1.229, sedangkan saham Aramco turun 0,67 persen menjadi 37,05 Rial, yang merupakan penurunan terbesar indeks sejak 28 November 2021.

Menurut laporan itu, jatuhnya indeks saham Saudi telah terjadi meskipun ada kenaikan harga minyak mentah di pasar dunia.

Desember lalu, pasar saham Saudi turun 1,2 persen menjadi 11.184, karena pemerintah Saudi memberlakukan kembali langkah-langkah lebih keras untuk mengendalikan wabah Corona terutama penyebaran varian baru Omicron.

Serangan pesawat nirawak Yaman ke fasilitas Saudi di Jeddah pada bulan November juga membuat indeks bursa saham Saudi jatuh.

Sebelumnya, Aramco seharusnya mengambil langkah pertama menuju privatisasi dengan menawarkan sahamnya ke publik di bursa.

Naiknya harga minyak di pasar dunia dan kemungkinan harga minyak mencapai $120 tampaknya telah menggoda Putra Mahkota Saudi untuk menahan diri dari menjual saham Aramco dan mengeruk pendapatan dari penjualan minyak negaranya.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed