oleh

PBB: Lima Juta Rakyat Yaman Terancam Kelaparan

Iklan Asia Mas Tour and Travel


PBB mengatakan lima juta orang Yaman, termasuk 400 ribu anak-anak, terancam kelaparan.

“Hampir tujuh tahun setelah perang Yaman, 20 juta orang atau dua pertiga penduduk Yaman membutuhkan bantuan,” kata David Gressly, Koordinator Kemanusiaan PBB di Yaman dalam konferensi pers di Jenewa.

“Ekonomi Yaman telah runtuh, harga pangan meningkat, dan barang-barang sulit didapat,” tambahnya seperti dikutip laman Farsnews, Senin (11/10/2021).

Mengacu pada situasi kemanusiaan yang kritis di Yaman Selatan, pejabat PBB itu mengatakan Yaman menghadapi krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Yaman menghadapi kekurangan bahan bakar, makanan, dan peralatan medis selama enam tahun terakhir karena pengepungan yang dilakukan oleh Arab Saudi.

Saudi dengan dukungan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan beberapa negara lain, menyerbu Yaman pada Maret 2015. Agresi ini telah menewaskan puluhan ribu warga Yaman dan menelantarkan jutaan orang lainnya.

Badan-badan PBB, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan UNICEF, memperingatkan bahwa rakyat Yaman menghadapi kelaparan dan bencana kemanusiaan akibat serangan tanpa henti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *