oleh

Diskominfo dan Dewan Smart City Optimalkan Aplikasi Depok Single Window

Iklan Travel

Kota Depok, Jumat (24/9/2021)–Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok bersama Dewan Smart City melakukan evaluasi aplikasi Depok Single Window (DSW). Hasilnya, Diskominfo hendak semakin memaksimalkan fungsi DSW untuk optimalkan pelayanan. 

Disebutkan Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto, dalam penyempurnaan ini pihaknya akan melakukan kerja sama dengan semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan stakeholder supaya   seluruh fitur dalam aplikasi DSW terintegrasi maksimal. 

IKLAN-TA-CALEG

Pengembangan dilakukan dengan memperdalam layanan pada fitur yang tersedia dalam aplikasi DSW. Saat ini ada 18 fitur DSW

“Kami akan lebih meningkatkan  layanan yang tersedia sehingga semua layanan masyarakat Kota Depok lebih maksimal. Misalnya, pada layanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) saat ini hanya bisa melihat nominal pajak, namun tidak bisa melakukan pembayaran. Ke depan, masyarakat bisa bayar melalui aplikasi ini,” ujar  Manto.

Tak kalah pentingnya, lanjut Manto, di aplikasi DSW ini dikembangkan dapat menerima masukan dan juga saran dari masyarakat kepada aparatur pelayanan serta menilai pelayanan puas ataupun tidak. 

Ditargetkan, peningkatan aplikasi DSW ini di tahun 2023 nanti sudah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sedangkan Ketua Kelompok Kerja Dewan Smart City, Prihandoko mengungkapkan, interaksi masyarakat Kota Depok kepada pemerintah saat ini masih manual. Contohnya, masyarakat masih harus datang ke loket pelayanan dan memerlukan waktu untuk dilayani. Semestinya dapat secara virtual.

“Kami akan transformasikan pelayanan dari cara tradisional yang harus datang langsung, harus nunggu, dan keluar biaya menjadi secara digital. Mudah-mudahan bisa segera terealisasi secara bertahap,” jelas Prihandoko.

(Hendrik Isnaini Raseukiy)

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.