oleh

Demokrasiana Institute: SP3 BLBI Jatuhkan Kredibilitas KPK

Iklan Travel

Jakarta, TributeAsia.com-Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) yang dikeluarkan KPK terhadap kasus kakap BLBI mengundang tanda tanya besar, publik masih susah mencerna mengapa kasus BLBI distop dengan SP3. Sebaliknya tindakan KPK mengeluarkan SP3 terhadap kasus BLBI justru berpotensi menjatuhkan kredibilitas KPK di mata publik, hal ini disampaikan Koordinator Presidium Demokrasiana Institute sekaligus pengamat kebijakan publik, Zaenal Abidin Riam.

IKLAN-TA-CALEG

“Sejujurnya saat ini KPK sedang berjuang meraih kembali kepercayaan masyarakat setelah kinerja KPK yang belakangan ini tidak maksimal, akan tetapi keputusan SP3 BLBI justru akan membuat sulit usaha itu, kredibilitas KPK bisa jatuh di mata masyarakat,” Jelas Enal di Jakarta, Minggu (4/4).

Publik akan menilai SP3 BLBI merupakan bentuk ketidakmampuan KPK mengusut tuntas kasus besar yang melibatkan para elit.

“SP3 BLBI justru akan dinilai publik bahwa KPK terpengaruh intervensi kepentingan tertentu sehingga tidak mampu mengusut tuntas kasus tersebut,” Pungkas Enal.

Intervensi yang dimaksudkan berasal dari kelompok oligarki politik yang bermain dibalik lahirnya revisi UU KPK.

“Semua ini tidak bisa dilepaskan dari revisi UU KPK yang memungkinkan KPK mengeluarkan SP3 bila kasus tidak bisa diproses selama dua tahun, ini sama saja membuka celah agar kasus besar luput dari penuntasan KPK, kasus besar sangat mungkin butuh waktu lebih dari dua tahun untuk menyelesaikannya,” paparnya.

Masih menurut Enal “KPK sebaiknya berhati-hati mengeluarkan SP3 khususnya terhadap kasus besar, daripada mengeluarkan SP3 lebih baik KPK fokus menuntaskan semua kasus besar yang masih mangkrak, kasus BLBI itu jelas mendatangkan kerugian besar bagi negara, menghentikannya bertentangan dengan nurani keadilan hukum” tutupnya.

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.