oleh

Simpang Lima Senen dan Kearifan Lokal Betawi

Iklan Travel

Pagi Minggu, 7 Maret 2021 masih dengan tema Gowes Jakarta Tourism Forum menyusuri jalanan Jakarta untuk kawasan Menteng dan Senen. Dari Kantor Kelurahan Pegangsaan di Jl. Taman Amir Hamzah melewati rute Jl. Proklamsi, Jl. Salemba Raya, Jl. Kramat Raya, Kawasan Simpang Lima Senen, Jl. Kramat Kwitang , Jl. Menteng Raya, Jl. Cikini Raya dan kembali Kantor Kelurahan Pegangsaan. Bila tanpa jeda perjalanan gowes dengan rute 7 km ini bisa memakan waktu kurang dari 2 jam.

Rute ini termasuk rute yang ramai dilalui pesepeda Jakarta saban akhir pekan, sebabnya jalanan yang lebar dan sepi diakhir pekan, jalur trotoar yang rapi, bersih dan indah sepanjang Jl. Salemba Raya, Jl. Kramat Raya dan spot wisata yang kerap dijadikan pesepeda sebagai spot foto. Sebut saja, Kampus UI Salemba, Kantor PP. Nahdatul Ulama, Pasar Kenari JakBook, Museum Sumpah Pemuda, Kawasan Kwitang dan berujung di Kawasan Simpang Lima Senen atau disebut juga Underpass Senen Extension.

IKLAN-TA-CALEG

Spot yang lagi ramai menjadi viral akhir-akhir ini Kawasan Simpang Lima Senen. Kawasan Simpang Lima Senen menjadi viral media sosial sebabnya merubah wajah kawasan Senen menjadi lebih indah, estetik, aman dan nyaman. Predikat Senen yang meminjam istilah Anak Senen, Gaisz Chalifah adalah “Neraka Jakarta” kini menjadi spot foto yang justru diminati warga Jakarta.

Senen, nyaris semua yang pernah ke Jakarta pasti mengenal kawasan ini. Kawasan yang juga sempat menjadi etalase ekonomi Jakarta. Dalam beberapa dekade terakhir kawasan ini pun kerap terkenal dengan kriminalitas, padat dan kumuh, prostitusi kota dan biang kerok macetnya Jakarta. Oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan setahun terakhir kawasan Senen ditata.

Warga Jakarta benar-benar bangga dengan wajah baru Senen, sejak diresmikan akhir Desember 2020 Kawasan Simpang Lima Senen teramat banyak yang mengulasnya, dari penulis traveling, pegiat instalgramable, facebookers, sampai para youtuber ikut mengulas ikon Kawasan Simpang Lima Senen sebagai kebanggaan Ibu Kota Jakarta.

Kawasan Simpang Lima Senen disebut juga Kawasan Terintegrasi Transportasi dari Stasiun Kereta Senen, sarana bagi Pesepeda dan Pejalan Kaki, JakLingko, TransJakarta, dan kendaraan Online serta kendaraan pribadi seluruhnya didesain terintegrasi. Tidak hanya efektif mengurai macet, ditatanya jalur transportasi dan dibangunnya dua Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) serta Lintasan Bawah Senen dengan konsep estetika tinggi yang menghargai khazana kearifan lokal Betawi-Jakarta.

Lintasan Bawah Senen dan dua Jembatan Penyebrangan Orang di Kawasan Simpang Lima Senen yakni di Jl. Letjend. Suprapto dan Jl. Senen Raya dibangun dengan gaya Betawi modern. Adalah seniman Betawi dari Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) Doddi Herlambang kabarnya adalah seniman dibalik desain motif Betawi pada Kawasan Simpang Lima Senen.

Dua JPO Kawasan Simpang Lima Senen dengan estetika tinggai memperlihatkan ciri khas Betawi yang sangat kuat. Misalnya JPO di Jl. Letjend. Suprapto pada dinding lift JPO sebuah desain motif Batik Tumpel dengan ukuran besar dan cantik menarik sesiapun yang melintas kawasan ini. Dipadu dengan desain JPO yang menyerupai tuts Piano, motif Batik Tumpel berwarna Hijau keemasan dengan ukuran 5,5 x 11,3 meter terlihat sangat elegan.

JPO kedua di Jl. Senen Raya juga menunjukan arsitektur seni Betawi yang kuat, yakni model Gigi Balang pada dinding JPO. Dengan ukuran besar serta warna kuning keemasan Gigi Balang Betawi terlihat cantik dan artistik. Selain itu pada lintasan bawah Senen dinding lintas bawah dihiasi dengan ornament-ornament Betawi yang cantik.

Sebenarnya tidak hanya Kawasan Simpang Lima Senen, arsitektur dan seni Betawi juga menghiasi kawasan lain di Jakarta. Seperti JPO Stasiun Pasar Minggu dan Tapal Kuda di Jakarta Selatan. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sepertinya tidak hanya ingin membangun ruang kosong tetapi lebih dari itu membangun peradaban.

Selamat untuk Jakarta, pastinya Kawasan Simpang Lima Senen dan gagasan besar JakLingko, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan serta kerja kolosal seluruh warga DKI Jakarta telah menghantarkan Jakarta Juara Dunia untuk konsep dan sistim integrasi transportasi terbaik di dunia. Jakarta Keren.

Abd. Malik R.
Sekum PW. MASIKA-ICMI DKI Jakarta dan Anggota Jakarta Tourism Forum

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.