oleh

Selebrasi 22 Tahun Komnas PA di Sumut Marak Tindak Kekerasan Anak

Iklan Asia Mas Tour and Travel

 

Lubuk PAKAM, TributeAsia.com-Selebrasi 22 tahun Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) diselenggarakan di Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang, Sumatra Utara. H. Anshari Tambunan menyampaikan, hingga saat ini tindak kekerasan terhadap marak dilakukan oleh orang dewasa.

” Namun tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini masih maraknya berbagai tindak kekerasan kepada anak. Baik yang dilakukan oleh orang-orang terdekat maupun orang dewasa. Bahkan sesama anak itu sendiri yang dampaknya tentu akan mengganggu tumbuh kembang anak bahkan tidak jarang mengakibatkan anak,” ujar Bupati Kabupaten Deliserdang, Jum’at (30/10/2020).

Ia melanjutkan, melalui deklarasi suara anak bangsa ini tak lain merupakan bagian dari ajakan bersama untuk membangun solidaritas memutus mata rantai kekerasan terhadap anak. Menurut dia, momen tersebut diharapkan anak-anak Indonesia menjadi generasi unggul dan terhindar dari eksploitasi serta diskriminasi.

“Selamat Hari jadi yang ke-22 tahun Komnas Perlindungan Anak bersama Anak Indonesia,” demikian dikatakan Bupati Deli Serdang H. Ansari Tambunan di akhir sambutannya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Deliserdang Junedi Malik mengatakan secara tegas untuk memutus mata rantai kekerasan terhadap anak dan pemenuhan hak-hak dasar anak di Kabupaten Deliserdang sangat diperlukan peran serta masyarakat seperti Ormas, OKP, Mahasiswa serta media massa.

Arist Merdeka Sirait, Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) mengungkap untuk membangun gerakan peduli anak berbasis keluarga dan kampung dibutuhkan peran serta masyarakat menjadi garda terdepan.

” Juga siap untuk menjadi sahabat anak dalam menghadapi serangan virus corona serta menjaga dan melindungi anak dari berbagai bentuk pelanggaran hak dasar anak, eksploitasi, perlakuan salah, penyiksaan, perbudakan seksual, perdagangan dan penculikan anak maupun kekerasan terhadap anak,” terangnya.

Disela-sela itu, Komnas Perlindungan Anak menyerakan Piagam Penghargaan kepada sejumlah Ormas, OKP serta Pegiat Perlindungan Anak di Kabupaten Deliserdang. Kegiatan ini dihadiri Kapolres Deliserang yang diwakili Kapolsek Tanjung Morawa, Dandim Deliserdang Mayor A.Siahaan, Dinas Sosial Deliserdang, Dinas Pendidikan, Dinas PPPA Kabupaten Deliserdamg, Ketua LPA Sumut Munir Ritonga SH, dan sejumlah pegiat perlidungan Anak Deliserdang. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *