oleh

OLIGARKI ADALAH PUSAT SASARAN PERLAWANAN RAKYAT YANG PALING TEPAT

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Oleh Syahrul Dasopang

Memahami Ringkas Soal Oligarki

1. Oligarki adalah suatu entitas yang samar bagi kamus pengetahuan rakyat kebanyakan. Diketahui ada, tapi tidak dikenali dengan baik, apalagi untuk menyadari implikasinya.

2. Oligarki itu adalah kekuasaan berdasarkan kekuatan kapital, dan tujuan keberadaan oligarki ini untuk melindungi dan mengembangkan kapital tersebut. Sistem politik yang berlaku di suatu negara seperti Indonesia, oleh oligarki hanya diperalat semata.

3. Oligarki sejatinya adalah konsentrasi kapital dan pasar yang dikuasai secara privat dan perorangan, namun dipergunakan untuk mempengaruhi proses politik guna menguntungkan pemilik konsentrasi kapital dan pasar itu.

4. Oligarki tidak mengabdi kepada rakyat dan tidak terikat dengan batas-batas nasional dan ikatan kebangsaan dan keagamaan yang murni. Semua hanya alat belaka guna meraup keuntungan, kedudukan dan kekuasaan di hadapan negara dan rakyat.

5. Dedikasi dan pengabdian kaum oligarki semata-mata untuk kepentingan modal dan kepentingan keuntungan pribadi pemiliknya.

6. Aksi politik dan publik kaum oligarki senantiasa berciri dan berwatak keuntungan pribadi. Sebab mereka selalu mendahulukan kepentingan pribadi di atas kepentingan publik, betapa pun mereka berusaha dan bersiasat menutupinya.

7. Secara alamiah dan kodrati, oligarki bertentangan dengan asas perikemanusiaan, keadilan, dan terutama dengan kedaulatan rakyat. Hasilnya berlawanan dengan moral.

8. Dalam tarafnya yang ekstrem, oligarki dapat menjelma menjadi mafia, kediktatoran dan perbudakan.

9. Oligarki tegak oleh sistem hukum yang rusak, korup dan tidak transparan.

10. Oligarki adalah basis dari korupsi itu sendiri, karena penyalahgunaan kekuasaan dan pelanggaran hukum dan rasa keadilan yang universal.

Beberapa Rekomendasi

1. Jangan menjadi kaki tangan oligarki untuk menindas rakyat dan mengekalkan oligarki tersebut.

2. Untuk melenyapkan oligarki yang sudah merasuk jauh di dalam sistem politik Indonesia masa kini, diperlukan membentuk sebanyak mungkin organisasi dan kekuatan rakyat yang terputus relasi pertukaran kebutuhan dengan oligarki.

3. Sebagaimana dahulu, asas perjuangan non kooperasi terhadap oligarki, lebih tepat untuk digunakan.

4. Kekuatan rakyat tersebut terutama sekali dikembangkan guna bergerak di wilayah politik, ekonomi dan kebudayaan.

5. Pendidikan dan pengajaran yang melawan oligarki harus dikembangkan. Rakyat diajarkan bagaimana mengembangkan sifat ekonomi yang tidak menghisap seperti yang diterapkan oleh oligarki tersebut.

6. Pasar kerakyatan yaitu pasar dari rakyat dengan rakyat oleh rakyat untuk rakyat harus dikembangkan dan dijamurkan.

7. Produksi hasil kreatif rakyat harus terserap oleh rakyat secara baik dan berkesinambungan.

8. Kader dan stok pemimpin kerakyatan harus dilahirkan melimpah di dalam rakyat.

HAL YANG PENTING DICERMATI
Bagaimana Sistem Oligarki Menggunakan Bahasa Agama

Bahasa agama adalah bahasa yang paling efektif untuk bermonikasi dengan rakyat banyak dalam rangka membangkitkan pengertian, kesadaran dan partisipasi mereka.

Di masa lalu, bahasa agama digunakan oleh para intelektual pro rakyat untuk merangsang partisipasi rakyat untuk membela nasib mereka sendiri dan untuk kemerdekaan nasional mereka dengan penggunaan bahasa jihad.

Di masa sekarang, kaum oligarki dengan cerdik memanfaatkan kaki tangan mereka di antaranya kaum intelektual berbayar dan oportunis, menggunakan bahasa agama untuk memanipulasi penglihatan dan kesadaran rakyat supaya tidak mengusik sistem oligarki dan memanfaatkan rakyat guna melindungi oligarki dengan penggunaan bahasa ancaman dominasi kafir dan ancaman murtad. Akibatnya, rakyat menerima kenyataan oligarki itu, jika aktornya seagama dan mengkampanyekan diri dekat dengan simbol-simbol agama, tetapi menolak jika berbeda agama dan berbeda etnik. Ini adalah hasil rekayasa opini dan kesadaran yang dibuat kaki tangan oligarki. SED

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *