oleh

Cegah Klaster Covid-19 Pilkada Serentak 2020 Ini Antisipasi KPU Kota Depok 

Iklan Asia Mas Tour and Travel

 

Kota Depok, tributeasia.com–Wajar ada kekhawatiran munculnya klaster pandemi Covid-19 di Pilkada Serentak 2020. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok pastikan maksimalkan aturan dan tindakan  hindari muncul klaster-klaster Pilkada Covid-19 pada saat hari pencoblosan 9 Desember nanti.

Hal ini, disampaikan Ketua KPU Kota Depok Nana Sobarna. KPU terapkan sejumlah aturan dan tindakan diantaranya Rapid Test terhadap ribuan petugas yang akan terjun langsung ke setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pasti sebelum kerja, petugas di TPS itu akan kita lakukan rapid test. Kami jauh hari telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan, GTPP, Puskesmas untuk fasilitasi kegiatan rapid test yang akan kami lakukan,” kata Nana kepada pers.

Ulas Sobarna, rekrutmen petugas di TPS ada 9 orang. Kalau 9 orang dikali 4.015 (TPS) ada 36.135 orang yang dipastikan sebelum mereka bertugas mereka dalam keadaan yang sehat dan tidak terpapar Covid-19.

Sementara untuk masyarakat, Nana mengatakan, pihaknya akan memberlakukan beberapa hal baru yang sesuai dengan standar protokol Kesehatan Covid-19, diantaranya, akan melakukan pembatasan jumlah maksimal pemilih di TPS menjadi 500 orang dari pemilu sebelumnya, 800 orang. Selain itu, KPU akan  pengaturan jadwal kedatangan pemilih ke TPS untuk hindari kerumunan.

Lebih lanjut, Nana, sebelum dibuka waktu pencoblosan, pihaknya akan mensterilkan TPS terlebih dahulu dengan melakukan penyemprotan desinfektan. Jarak bangku diatur antar petugas KPPS dan antar  pemilih. Kemudian, pemilih akan dicek suhu suhunya.

Selanjutnya, difasilitasi dengan alat cuci tangan dan hand sanitizer. Berikan sarung tangan sekali pakai kepada pemilih. 

“Masuk dia setelah menggunakan hak pilihnya kemudian sarung tangannya dilepas kemudian tintanya kalau dulu dicelup esok itu ditetes,” katanya.

Selain itu, KPU menyiapkan Hazmat dua per TPS. Hal itu jelas Nana akan digunakan ketika ada pemilih yang jatuh tiba-tiba, pingsan, atau meninggal mendadak. (hir.72)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *