oleh

Viral Foto Rudy PDIP Bagi Duit Ada Afifah, Ini Jawaban Rudy dan Bawaslu

Iklan Asia Mas Tour and Travel

(Foto: Istimewa, akun facebook Ondang Supriyatna) 

Kota Depok, tributeasia.com–Beredarnya foto politisi PDIP anggota DPRD Kota Depok, Rudy Kurniawan di akun facebook yang sedang membagikan duit kepada seorang puan timbulkan pertanyaan. Masalahnya, ada pula Afifah Alia di foto itu yang sekarang Calon Wakil Wali Kota Depok.

Foto ini muncul sekira dua hari belakangan ini di akun facebook nama Ondang Supriyatna. Sontak  timbulkan polemik dan persepsi bahwa itu berkaitan dengan kampanye Pilkada 2020. Namun Rudy Kurniawan membantahnya. 

Muatan akun Odang ini ada pula sisipan kalimat sindiran, ‘Ey.. ey.. sapa dia??? Lg bagi2 apa ya ni. Ada yg bisa jelaskan.” dengan emoticon tawa.

Dijelaskan Komisioner Bawaslu kota Depok, Willi Sumarlin, menurut Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), sangat dilarang berkampanye dengan pemberian uang ataupun barang apa saja yang bukan alat sosialisasi kampanye paslon. Itu pun tak boleh berbiaya melebihi Rp60 ribu per orang untuk barang kampanye seperti bahan tulis dan baju kaos kampanye. 

Dikonfirmasi, Willi Sumarlin mengatakan, foto dari akun itu perlu ditelusuri.  Bawaslu akunya, belum menerima laporan dari Panwaslu Kecamatan. Pun, apabila ada masyarakat yang melapor maka akan jadi bahan untuk diselidiki. 

“Kami Bawaslu belum tahu peristiwa itu. Dan juga belum terima laporan dari Panwaslu. Jika ada masyarakat yang melaporkan secara dan bertanggung jawab silahkan. Akan kami tindaklanjuti,” ujar Willi Sumarlin. 

Dikonfirmasi, politisi PDIP Rudy Kurniawan secara baik dan tenang menjelaskan bahwa itu adalah foto lama yang dimunculkan kembali oleh seseorang pegiat LSM di Kota Depok. 

“Benar itu foto saya. Itu yang pakai baju merah (PDIP). Yang di belakang saya itu Bu Afifah Alia. Itu bukan kampanye. Itu acara pembagian bantuan sosial di masa pandemi Covid-19.  Acara di RT 2, RW 2, Kelurahan Jati Jajar (kecamatan Tapos),” terang Rudy. 

Jelasnya, kegiatan tersebut sudah lama, sekira tanggal 20 Juni 2020. Belum ada kegiatan kampanye paslon pilkada, sebab belum masuk jadwal kampanye Paslon Pilkada KPU. 

“Disitut Bu Afifah tidak kampanye. Hanya diberikan waktu sebentar oleh pengurus RT untuk memperkenalkan diri. Bukan sebagai calon paslon. Menjelaskan sedikit bawah dia ada rencana maju di pilkada. Tapi kan, belum pasti, sebab waktu itu masih ada beberapa nama yang jadi ajuan PDIP untuk Pilkada. Masih ada Habib Reza dan yang lainnya,” ungkap Rudy.

Cerita  Rudy ulang, beberapa hari yang lalu ada seseorang pihak LSM beritahukan mengenai foto itu akan ditaruh akun facebook. Rudy menjelaskan bahwa foto itu bukan dalam waktu kampanye. 

“Ada LSM yang kasi tahu saya tentang foto itu. Akan diviralkan. Saya bilang silahkan saja. Saya gak takut, sebab itu foto kapan tahu. Biarin aja diviralkan supaya saya tambah terkenal…hehehheeh,” jawab mantan Ketua Cabang Baitul Muslimin Kota Depok periode 2014 – 2019 ini. Sedangkan Afifah adalah suksesornya sebagai Ketua Baitul Muslimin Kota Depok periode 2019-2024.

Tambah Rudy, foto yang ada di akun Ondang Supriyatna ini adalah kegiatan penyerahan bantuan dana sosial aspirasi anggota DPRD kepada Masyarakat Sebesar Rp150 ribu.

Jauh sebelumnya, Pengurus RT menyampaikan keluhan m, banyak warga belum menerima bantuan imbas pandemi Covid-19 dari pemerintah pusat (pempus) maupun Provinsi Jawa Barat.

Sehingga, Rudy membantu menyampaikan aspirasi warga ini kepada Pemerintahan Kota Depok yang ternyata dikabulkan oleh dinas sosial. 

“Waktu penyerahan bantuan warga dan pengurus RT sangat senang. Dia meminta saya menyerahkan secara simbolis kepada perwakilan warga dengan tampak uang langsung dan difoto untuk dokumentasi. Jadi apa salahnya,” jelasnya.  

Tegas Rudy, bulan Juni itu belum masuk masa kampanye dan Afifah belum ditetapkan oleh KPU menjadi Paslon Pilkada. 

“Hal ini sama saja ketika Pak Wali Idris juga pernah memberikan batuan imbas Covid kepada petugas pintu perlintasan kereta api waktu dulu. Pasti ada fotonya. Lalu apakah foto lama itu saya cari-cari kemudian diviralkan di medsos. Kan itu tidak tepat,” dalih Rudy. 

Mengenai beredarnya foto Rudy dan Afifah ini sempat pula Ketua DPC PDIP sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota, Hendrik Tangke Allo dan mantan Sahat Farida Berlian pertanyakan kepada Rudy Kurniawan

“Dengan mudah saya jelaskan bahwa itu foto lama,”  (hir.72).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *