oleh

Cegah Covid 19, PN Jaktim Lakukan sidang telekonfrensi

Iklan Asia Mas Tour and Travel
Jakarta, tribunasia.com – Persidangan berlangsung secara online di Jakarta dengan melibatkan pihak kejaksaan, pengadilan dan lembaga pemasyarakatan melalui perangkat elektronik.
Untuk di Jakarta Timur sendiri diutarakan Kepala Seksi Tidak Pidana Umum (Kasipidum Kejari Jaktim) Ahmad Fuady, SH., MH pada hari Kamis 26 Maret 2020 telah menerapkan persidangan menggunakan layar proyektor.
” Tadi kita sudah uji coba dua perkara udah muncul semua, tadi Lapas Pondok Bambu, Cipinang sudah kita koneksikan (terhubung),” ujar Kasipidum kepada tribunasia.com, Kamis (26/3/2020).
Dia merinci selain di Jakarta Timur  persidangan juga dillakukan melalui media elektronik ditengah-tengah wabah virus Korona/Covid-19.
Kemudian, kata dia sidang online secara live membutuhkan perangkat tambahan seperti notebook, proyektor dan perangkat jaringan internet.
“Iya dalam kondisi sekarang kita tetap online, itu untuk perkara singkat yang tidak diperpanjang,” ungkapnya.
Disisi lain, mengingat pencegahan virus korona pihak Kejaksaan Negeri Jakarta Timur pun membatasi jumlah agenda sidang. Jika masa penahanan para terdakwa lebih lama, dijelaskan Ahmad Fuady maka akan ditunda dua pekan perkara tersebut.
” Untuk penahanan lama itu kita tunda dua minggu,” sambung dia lagi.
Perlu diketahui, sebelum diberlakukannya sidang online menurut dia pihak-pihak lainnya telah berkoodinasi untuk menentukan persidangan.
” Rata-rata ditunda dua Minggu. Ada kesepakatan diantaranya pihak-pihak (pengadilan dan lapas). Pagi tadi kami koordinasikan dengan PN (pengadilan) lalu kita coba,” tuturnya.
Lebih lanjut, bila kondisi dinilai telah normal maka persidangan akan digelar seperti sediakala. Untuk sementara waktu, upaya sidang online dianggap efektif demi mengutamakan keselamatan.
” Kondisonal aja kalau sudah kembali normal kita sidang seperti semula,” katanya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *