oleh

Ikuti Anies, Jokowi Perintahkan Insentif Tenaga Medis

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Jakarta, TribunAsia.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk memberikan ‘hadiah’ berupa insentif kepada para tenaga medis yang menangani pasien Covid-19.

Selama ini para tenaga medis seperti dokter, perawat, dan tim pendukung lainnya jadi garda terdepan penanganan pasien positif corona.

Hal tersebut ditegaskan Jokowi kala memimpin rapat terbatas dengan topik pembahasan laporan tim Gugus Tugas Covid-19 melalui video conference di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Saya minta Menteri Keuangan, ini juga pemberian insentif bagi para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan Covid-19 ini,” kata Jokowi, Jumat (20/3/2020).

Selain insentif, Jokowi juga memerintahkan agara ada perlindungan maksimal bagi para petugas medis. Terutama pertugas medis yang berhadapan langsung dengan pasien positif Corona.

“Saya ingin perlindungan maksimal pada para dokter, tenaga medis, dan jajaran yang berada di rumah sakit, yang melayani pasien yang terinfeksi Covid-19,” ungkapnya.

Dia meminta agar dapat dipastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD). Pasalnya para petugas medis juga rentan terpapar virus Corona.

“Karena mereka berada di garis terdepan sehingga petugas kesehatan harus terlindung dan tidak terpapar Covid-19,” tegasnya.

Sebelumnya Senin (16/3/2020), Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan insentif kepada tenaga medis yang terlibat penanganan COVID-19 atau pandemi virus corona sebesar Rp215 ribu per orang dalam satu hari.

Pasalnya, mereka selama ini menghadapi beban yang cukup berat, tenaga dan pikiran yang harus mereka berikan pun sangat besar untuk menangani COVID-19.

“Insentif ini diberikan kepada tenaga medis dan tenaga penunjang. Jadi ini adalah diberikan kepada petugas-petugas yang bekerja di lapangan, yang mereka berhadapan langsung dengan orang yang yang dalam pengawasan dan pemantauan,” kata Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat. (GN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *