oleh

Fase Baru Penindasan Muslim Uighur : Kerja Paksa

Iklan Travel

Jakarta, TribunAsia.com – Ribuan Muslim dari kelompok minoritas Uighur China melakukan kerja paksa di pabrik-pabrik yang memasok beberapa merek terbesar dunia, kata sebuah laporan terbaru.

Lembaga Kebijakan Strategis Australia yang disiarkan oleh BBC, mengatakan ini adalah fase selanjutnya dalam pendidikan ulang Uighur di Tiongkok.

IKLAN-TA-CALEG

China telah menahan sekitar satu juta warga Uighur di kamp-kamp interniran, menghukum dan mengindoktrinasi mereka.pejabat mengatakan kamp-kamp itu ditujukan untuk melawan ekstremisme.

Laporan ASPI datang setelah seorang pejabat senior Cina mengatakan kepada wartawan pada bulan Desember bahwa anggota kelompok minoritas yang ditahan di kamp-kamp itu sekarang telah “lulus”.

 

Apa kata laporan itu ?

Antara 2017 dan 2019, lembaga think tank ASPI memperkirakan bahwa lebih dari 80.000 warga Uighur dipindahkan dari daerah otonomi Xinjiang yang jauh ke barat untuk bekerja di pabrik-pabrik di seluruh Tiongkok.

Dikatakan beberapa dikirim langsung dari kamp penahanan.

ASPI mengatakan Uighur dipindahkan melalui skema transfer tenaga kerja yang beroperasi di bawah kebijakan pemerintah pusat yang dikenal sebagai Xinjiang Aid.

Menurut laporan itu, pabrik mengklaim sebagai bagian dari rantai pasokan untuk 83 merek global terkenal, termasuk Nike, Apple dan Dell.

Laporan itu mengatakan bahwa “sangat sulit” bagi warga Uighur untuk menolak atau melarikan diri dari tugas kerja, dengan ancaman “penahanan sewenang-wenang” menggantung di atas mereka.

Ia menambahkan bahwa ada bukti pemerintah daerah dan broker swasta “dibayar harga per kepala” oleh pemerintah Xinjiang untuk mengatur penugasan, yang ASPI menggambarkan sebagai “fase baru dari penindasan berkelanjutan pemerintah China” terhadap Uighur.

 

Mencari kebenaran di kamp ‘pendidikan ulang’ Tiongkok

Uighur ‘ditahan karena janggut dan kerudung’ – bocoran dari pekerja, mereka menghabiskan 7 hari di kamp kamp cina.

“Laporan kami membuatnya sangat jelas bahwa perampasan Uighur dan etnis minoritas lainnya di Xinjiang juga memiliki karakter eksploitasi ekonomi yang sangat kuat,” kata rekan penulis laporan itu Nathan Ruser kepada BBC.

“Kami memiliki kontaminasi rantai pasokan global yang tak terlihat dan sebelumnya tersembunyi ini.”

Laporan-laporan tentang penahanan yang meluas di kamp-kamp interniran di Xinjiang pertama kali muncul pada 2018.

Pihak berwenang Cina mengatakan “pusat pelatihan kejuruan” digunakan untuk memerangi ekstremisme agama yang keras. Tetapi bukti menunjukkan banyak orang ditahan karena hanya mengekspresikan iman mereka, dengan berdoa atau mengenakan kerudung, atau karena memiliki koneksi luar negeri ke tempat-tempat seperti Turki.

Keterangan media Wartawan BBC John Sudworth bertemu dengan orang tua Uighur di Turki yang mengatakan anak-anak mereka hilang di Tiongkok.

Beijing telah menghadapi tekanan internasional yang meningkat atas masalah ini.

Media pemerintah China mengatakan partisipasi dalam skema transfer tenaga kerja bersifat sukarela. Para pejabat telah membantah penggunaan komersial dari kerja paksa dari Xinjiang, menurut ASPI.

 

Di mana mereka bekerja?

ASPI mengatakan telah mengidentifikasi 27 pabrik di sembilan provinsi China yang telah menggunakan tenaga kerja Uighur yang dipindahkan dari Xinjiang sejak 2017.

Di pabrik-pabrik, ASPI mengatakan bahwa orang-orang Uighur biasanya dipaksa tinggal di asrama-asrama terpisah, mengikuti pelajaran bahasa Mandarin dan “pelatihan ideologis” di luar jam kerja, menjadi sasaran pengawasan terus-menerus dan dilarang mengamati praktik keagamaan.

Kebocoran data merinci ‘sistem pencucian otak’ Tiongkok.

 

Pabrik kartu Tesco Cina menyangkal ‘kerja paksa’

ASPI mengatakan perusahaan-perusahaan asing dan Cina “mungkin tanpa sadar” terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia. Ia meminta mereka untuk melakukan “uji tuntas hak asasi manusia yang segera dan menyeluruh” pada pekerja pabrik mereka di China.

The Washington Post mengunjungi sebuah pabrik yang disebutkan dalam laporan itu, yang menghasilkan pelatih untuk raksasa olahraga Nike. Dikatakan menyerupai penjara, dengan kawat berduri, menara pengawal, kamera dan kantor polisi.

“Kita bisa berjalan-jalan, tapi kita tidak bisa kembali [ke Xinjiang] sendirian,” kata seorang wanita Uighur kepada surat kabar di gerbang pabrik di kota Laixi.

Nike mengatakan kepada Washington Post bahwa ia “berkomitmen untuk menegakkan standar perburuhan internasional secara global” dan bahwa para pemasoknya “sangat dilarang menggunakan segala jenis penjara, kerja paksa, ikatan, atau kontrak kerja”.

Apple juga mengatakan itu “didedikasikan untuk memastikan bahwa semua orang dalam rantai pasokan kami diperlakukan dengan bermartabat dan hormat yang layak mereka terima”, sementara Dell mengatakan akan memeriksa temuan-temuan tersebut. (Sumber BBC News/GN)

Iklan HUT RI Ponpes Al-Khafilah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.