oleh

Wapres Buka Pameran Artefak Rasulullah di Banten Lama

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Serang, TribunAsia.com – Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin menghadiri dan membuka Jelajah Nusantara dan Pameran Artefak Rasulullah SAW dan Para Sahabat Nabi di Museum Situs Kepurbakalaan Banten Lama, Kasemen, Kota Serang, Minggu (16/2/2020).

Ma’ruf Amin menegaskan, pameran artefak Rasulullah SAW dan sahabat nabi sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal Rasulullah SAW yang menjadi uswatun hasanah.

(Foto : Istimewa)

“Menjadi inspirasi untuk meneladani Rasululullah SAW. Menjadi inspirasi generasi muda untuk mempelajari sejarah Rasulullah SAW. Dengan ini pula, semoga umat islam mendapatkan keberkahan dan mengambil pelajaran dari Rasulullah saw,” tambahnya.

Wapres Ma’ruf Amin didampingi oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dan Sultan Banten ke XVIII, RTB Bambang Wisanggeni membuka Jelajah Nusantara : Artefak Rasulullah SAW

“Banten bisa menjadi ikon budaya Islam. Kita kembalikan era kejayaan sebagai pusat budaya, pusat kajian seperti di masa lalu,” kata Wahidin Halim.

Sultan Banten ke XVIII, RTB Bambang Wisanggeni (Pakaian kesultanan warna abu-abu). (Foto : Istimewa)

Sultan Banten ke XVIII, RTB Bambang Wisanggeni menambahkan, Pemilihan Museum Kesultanan Banten yang berada di komplek situs Kesultanan Banten dan Masjid Agung Kesultanan Banten, lantaran kerajaan Islam yang pernah berjaya itu pada jamannya memiliki jaringan yang luas dengan kerajaan Islam lainnya. Bahkan disegani oleh kerajaan Islam lainnya di dunia pada massa nya.

Selain itu, di dekat museum terdapat makam-makam para Sultan Banten beserta para keluarganya. Sehingga tak hanya berziarah, namun wisatawan juga bisa mengunjungi pameran artefak Rasulullah dan para sahabatnya di Museum Kesultanan Banten.

“Kesultanan Banten telah dikenal luas sebelum Indonesia merdeka, bahkan memiliki jaringan luas sampai ke Turki. Memiliki banyak tokoh agama yang besar. Oleh karena itu, pameran artefak Rasulullah ini bisa menjadi berkah bagi Indonesia,”kata Sultan Banten ke XVIII, RTB Bambang Wisanggeni.

Baca Juga : Hidup dan Mati-Ku Tetap di Banten

Sebelumnya, Wahidin juga mengungkapkan saat awal dirinya menjabat Gubernur Banten kondisi Kawasan Kesultanan Banten kumuh dan kotor. Pemprov Banten melakukan revitalisasi dengan dana hampir Rp200 miliar.

Kini, setelah direvitalisasi jumlah pengunjung ke Kawasan Kesultanan Banten mencapai 9 juta orang dalam satu tahun.

“Orang yang ziarah Walisongo, belum tuntas kalau belum datang ke sini (Kawasan Kesultanan Banten),” tambahnya.

Sebagai informasi, artefak yang merupakan benda-benda kepemilikan Nabi Muhammad saw dan para sahabat dibawa dari Makkah dan Madinah, Turki, Syria, India, serta Yordania. yang terdiri dari 41 macam peninggalan.

Pameran di Museum Kepurbakalaan Banten Lama itu berlangsung pada 16 – 18 Februari 2020. Pameran serupa akan dilakukan di 18 kota di Nusantara dan di mulai dari Banten. (TH/IKM/GN)

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *