oleh

Banjir 2 Meter Tenggelamkan Perumahan Villa Bunga dan Puri Bella Depok

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Depok, TribunAsia.com – Dalam curah hujan lama dan deras di Kota Depok hari ini, Ahad (16/2) sejak pagi akibatkan puluhan rumah warga di pemukiman Puri Bella dan Villa Bunga, RT 2, RW 6, Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong, Depok, Jawa Barat terendam banjir setinggi sekira 1,5 sampai 2 meter, Minggu (16/2).

Pantauan TribunAsia, banjir ini diperparah oleh tersumbatnya Kali Mala karena gorong jembatan di Jalan Haji Kocen ambrol. Material ambruknya jembatan ini praktis menutup Kali Mala ini. Di perumahan Villa Bunga ada 24 rumah yang terendam. Sedangkan di Puri Bella ada 6 rumah yang terendam banjir.

Akibat hujan deras, mengakibatkan juga longsor.

“Ini adalah banjir yang dua kali setelah sempat banjir pada bulan Desember 2019 kemarin. Dinas PUPR sudah memantau keadaan ini pada awal Januari bahwa pada tanggal 14 Februari kemarin akan dilakukan perbaikan gorong-gorong tapi belum. Kemudian ada disebut pada tanggal 18 nanti. Tapi sudah keduluan ambrol sekarang,’ sebut Tri warga Kalimulya. Minggu (16/2/2020).

Memang, beberapa meter dari jembatan ini ada penurapan baru tebing kali, sedang gorong-gorong belum tersentuh.

Akibat banjir ini sekitar 30 keluarga terpaksa mengungsi ke tetangga dan familinya. Banjir ini mulai terjadi sejak pukul 10.00 WIB. Hingga malam hari belum surut.

Kepala Penanggulangan Bencana Kota Depok, Denny Romulo yang petang ini datang ke lokasi dengan teamnya mengatakan sudah menyediakan dua unit pompa untuk menyedot air di perumahan Puri Bella ini. Dengan pipa panjang air dialirkan ke bagian sebelah longsor jembatan Kali Mala ini.

“Genangan air banjir kita coba kuras dengan mesin pompa.Alhamdulillah semua warga sudah berhasil kami evakuasi ke tempat yang lebih aman,” katanya di lokasi kejadian

Sebut Denny Romulo, dari data yang dihimpun, air di kawasan Kota Depok naik dengan begitu cepat saat hujan deras melanda sejak siang hari. Sebagian warga tak sempat menyelamatkan harta berharga mereka.

Selain di Puri Bella dan Villa Bunga, banjir juga melanda perumahan Pondok Tirta Mandala, Cilodong, dan di wilayah Kali Baru. Hingga berita ini diturunkan hujan masih melanda Kota Depok.

Pengurus RW 6, Kalimulya berharap, Pemkot Depok cepat tanggap penanggulangan bencana ini. Efek dari ambruknya jembatan di Kali Mala Jalan Haji Kocen ini satu bagian dari akses jalan ke kawasan Instalasi Pembuangan Limbah Terpadi (IPLT) terputus. Jalur lainnya dapat ditempun melalui Jalan Taman Makam Pahlawan Kota Depok.

Pantaun, kondisi jembatan ini situasinya masih sedang berlangsung bertahap tambah ambruk yang sewaktu-waktu dapat longsor lebih parah lagi.  (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *