oleh

Dewan Kota Jaktim: Situ Rawabadung Dikerjakan Secara Terpadu Sesuai Arahan Gubernur

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Jakarta, TribunAsia.com – Dewan Kota Administrasi Jakarta Timur mengharapkan pembenahan dilingkungan Kecamatan Cakung. Pembenahan tersebut diantaranya usulan yang dirangkum dalam Musrenbang salah satunya kawasan destinasi wisata. Ia menambahkan, penataan Situ Rawabadung dikerjakan secara terpadu sesuai arahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Situ Rawa Badung itu akan lebih baik kalau dibikin destinasi wisata di situ Rawa Badung ini harus dikerjakan secara terpadu sesuai dengan arahan Pak Gubernur. Bahwa ke depannya itu pariwisata itu akan menjadi primadona,” kata Hairul Hidayat, Jum’at (14/2/2020).

Jika dikerjakan secara bersama, menurut dia destinasi wisata yang berada di Cakung akan menjadi bagian objek wisata unggulan di Jakarta. Situ Rawabadung sendiri keberatannya terdapat di Jalan KRT Radjiman, Kelurahan Jatinegara, Jakarta Timur.

Diketahui, saat rembug warga Cakung itu sendiri dihadiri oleh Suku Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Subanppeko) Erwin Sarufi, Camat Cakung Ahmad Salahuddin dan Lurah Jatinegara Slamet Sihabudin.

“Cakung ini dengan kita melihat situ Rawabadung kalau dikerjakan secara benar baik dari UMKM mau pun juga dari pariwisata ataupun dari SDA. Ataupun dari yang lain itu akan menjadi kawasan terpadu karena cukup luas,” tandasnya.

Namun demikian, Hairul juga mengatakan ” Menjadi prospektif kedepan itu yang menjadi itu yang menjadi harapan kami dari dewan kota mudah-mudahan usulan-usulan yang ada di Jatinegara bisa diselesaikan dengan baik,” ungkapnya.

 

Anggaran

Atas permintaan atau usulan untuk penataan destinasi wisata Situ Rawabadung itu membutuhkan anggaran senilai Rp 19 miliar. Selaku Dewan Kota, Hairul Hidayat menjelaskan total pendapatan yang diserap oleh Kelurahan Jatinegara mencapai angka Rp 74 miliar.

Lain halnya, pendapatan ditingkat Kecamatan Cakung Jakarta Timur berkisar Rp 400 juta kebih. Dengan pendapatan tersebut, keinginan warga untuk memajukan area wisata di Situ Rawabadung menjadi prioritas utama danvtak lepas dari peran semua pihak.

“Permintaannya tidak banyak cuma 19 miliar pendapatan yang diberikan oleh Kelurahan Jatinegara 74 miliar. Atau ekuivalen dengan Cakung yang pendapatnya 450 miliar,” kata dia.

Musrenbang di Jatinegara, Jakarta Timur. (13/2/2020) (Foto : TribunAsia.com/Didi W)

Ia kembali melanjutkan, “Seluruh kelurahan itu pendapatannya cuma 100 miliar supaya itu menjadi PR kita bersama Cakung butuh pembenahan secara merata dan pembenahan secara baik,” sambung pria berbatik merah.

Masih kata Dewan Kota, wisata unggulan Situ Rawabadung yang diusulkannya itu akan selalu dikontrol dan diawasi. Perihal tersebut, dia juga menginginkan aspirasi dari warga setempat dapat terealisasi.

“Untuk di tingkat Kecamatan Cakung mengusulkan untuk situ Rawabadung menjadi destinasi wisata. Karena ini menurut saya menjadi proyek unggulan ataupun produk unggulan yang berada di Kecamatan Cakung,” tutur dia.

“Dari usulan itu saya akan mengawasi saya akan mengontrol juga bahwa kegiatan usulan-usulan yang berada di wilayah Kecamatan Cakung baik yang dilaksanakan di tingkat Kelurahan atau tingkat kecamatan bahkan ditingkat kotamadya ataupun juga di tingkat provinsi. RT, RW dan LMK semua komponen yang berada khususnya di Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung akan berusaha terpadu untuk bagaimana mewujudkan permintaan warga,” ujarnya. (Dw)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *