oleh

Ditemukan 172 Orang Terinfeksi Virus DBD

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Depok, TribunAsia.com – Di Kota Depok Dilaporkan TribunAsia.com, Kamis (13/2) Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok saat ini tercatat ada 172 kasus terinfeksi virus demam berdarah dengue (DBD) Di Kota Depok.

Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Ciri-ciri DBD dapat dikenali dengan bintik-bintik merah di pori dan demam.

Kepala Dinkes Novarita menyebutkan faktor kekotoran lingkungan adalah faktor penyebab dominan nyamuk ini dapat berkembang.

“Saat ini sedang cuaca ekstrim hujan dan pasca banjir. Banyak terdapat keangan air atau sampah sehingga membuat air tergenang. Kesadaran kebersihan lingkungan masyarakat kurang sehingga jadi tempat perkembang biakan jentik nyamuk,” ujar Novarita.

Selain DBD, Novarita juga mengakui ada temuan kasus Chikungunya yang juga menjangkiti warga Depok. Namun hingga saat ini pihaknya belum selesai mendata jumlah pastinya.

“Segera laporkan biar petugas puskesmas terdekat memeriksa ke lokasi. Untuk mengidentifikasi apakah itu titik penyebaran awal atau bukan, jika ada temuan jentik nyamuk,” jelasnya.

Sama seperti virus DBD, cara mencegah penularan virus Chikungunya yakni dengan melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Selain itu Novarita menganjurkan agar dilakukan fogging dan kerja bakti lingkungan. Apabila warga mengalami demam selama dua hari tidak turun, dianjurkan untuk segera melakukan pemeriksaan laboratorium.

Temuan 172 orang terjangkit virus DBD saat ini, mayoritas adalah warga di wilayah barat Kota Depok. Meskipun di beberapa wilayah juga ditemukan namun tak sebanyak di Kecamatan Sawangan. (HIRA)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *