oleh

Tingkatkan Kemampuan Jurnalis, Relawan Nur Indah Fitriani Gelar Pelatihan

Iklan Asia Mas Tour and Travel

Jakarta, TribunAsia.com – Dalam pandangan generasi milenial, jurnalisme belum dipahami secara luas, pemahaman mereka masih terbilang sangat formal, masih menganggap bahwa jurnalisme hanya terkait dengan koran dan televisi yang merupakan bagian utama dari media cetak dan elektronik, hal tersebut terungkap dalam training jurnalistik yang digelar oleh Relawan Nur Indah Fitriani bekerjasama dengan komunitas pemuda Setiabudi, Minggu (16/9). Akan tetapi pada saat yang sama, terungkap pula fakta bahwa peserta yang seluruhnya masuk kategori generasi milenial memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap dunia jurnalisme.

Kegiatan ini menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dalam dunia jurnalisme diantaranya My Gunawan yang kini menjabat sebagai Pimpinan Redaksi TribunAsia.com dan Yosef Suprayogi yang tak lain adalah jurnalis senior TEMPO.

Dalam pemaparannya kepada peserta, My Gunawan menyampaikan pentingnya kaidah dasar penulisan dalam dunia jurnalisme, pihaknya juga mengarahkan peserta agar lebih teliti dalam mengecek sumber informasi yang layak dijadikan berita.

Baca Juga : Caleg Nur Indah Fitriani Apresiasi Festival Musik Karang Taruna

“Dalam menulis berita maka wajib memperhatikan rumus dasar yakni 5W + 1H, tapi itu belum cukup, ada satu lagi yaitu unik, berita harus unik supaya menarik pembaca. Pada dasarnya semua orang bisa bertindak sebagai jurnalis karena ada yang disebut jurnalisme warga, yang terpenting sumber informasi yang dijadikan bahan pembuatan berita harus dipastikan kebenarannya” ungkapnya di hadapan peserta.

Yosef Suprayogi yang membawakan materi Teknik Infografis dalam Media Online mengarahkan peserta untuk mengolah data menjadi gambar agar lebih muda dipahami pembaca.

“Maksud utama dari Infografis adalah untuk membantu pembaca agar data dalam bentuk tulisan yang susah dipahami menjadi mudah dimengerti saat diubah ke dalam bentuk gambar, Generasi seperti kalian yang masih usia milenial biasanya mempunyai ketertarikan yang tinggi terhadap dunia Infografis” jelasnya sambil sesekali menyelipkan humor ringan dalam penjelasannya.

Para peserta mengaku senang dengan dengan pelatihan ini, mereka merasa mendapatkan pemahaman baru tentang media.

“Senang, rasanya mendapat pemahaman baru apa itu media” imbuh Sabil.

“Pastinya suka, kalau bisa diadakan lagi pelatihan selanjutnya” ucap Eka, peserta lainnya dalam pelatihan ini.

Baca Juga : Rayakan Idul Adha, Caleg PAN Sumbang Sapi Kurban di Karet Setiabudi

Motivasi dan arahan kepada peserta juga datang dari Nurindah Fitriani, perempuan yang kini sedang berjuang untuk kursi DPRD DKI ini mengimbau peserta agar menggunakan waktu luang mereka untuk hal positif.

“Kalian ini sangat beruntung, di usia kalian yang rata-rata masih kelas 2 SMK sudah mendapatkan ilmu jurnalistik yang dibawakan langsung oleh para pakarnya, pelatihan ini merupakan cara menggunakan waktu luang secara positif, yang biasanya hanya bersantai di hari Minggu tapi kini mendapat ilmu secara gratis di tempat ini, tetap semangat dan gunakan waktu luang kalian untuk hal bermanfaat” harap Mpo Lin. (ZNR)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *